Biaya Hak Paten Produk, Murah atau Mahal?

Posted on

Hak paten sebetulnya lebih berkaitan dengan hak eksklusif untuk produk yang berkaitan dengan dunia teknologi. Masa berlaku hak paten ialah sepanjang 20 tahun semenjak tanggal diterimanya permohonan kepunyaan hak paten. Kabar buruknya, bila seperti ini hak paten tidak dapat diperpanjang. Ada pula hak paten sederhana yang berlaku sepanjang 10 tahun.

Hak Paten

Syarat untuk mendapatkan hak paten sederhana cukup berbeda dengan yang biasa. Hak paten ini diberi pada alat dan produk yang punya fungsi praktis. Sebelum minta permohonan kepunyaan hak paten Kamu musti mengecek haki (hak atas kekayaan intelektual) apakah sebelumnya telah ada produk yang sama serta sudah didaftarkan atau kah belum. Caranya ialah dengan menghubungi kami. Kamu cuma harus memilih apa yang bakal dicari ada paten, merk, hak cipta ataupun design industri lalu ketik nama merk yang bakal dipergunakan. Ada pula informasi lainnya seputar merk yang ada semisal apa sudah dibatalkan, dihapus, ditolak, ditarik lagi, ataupun proses perpanjangan. Saat ini baru bakal dibahas seputar biaya hak paten produk.

Besarnya biaya pendaftaran hak paten dan pendaftaran merek dapat anda lihat di situs ini dan bergantung dengan siapakah yang jadi pemohonnya dan melalui cara apa mendaftarnya. Untuk pemohonnya ada yang perseorangan, serta instansi ataupun UMKM. Klasifikasi haki yang dapat memperoleh hak patennya ialah hak cipta, serta hak kekayaan industri. Jenis yang tergolong didalam hak kekayaan industri diantaranya, hak rahasia dagang, hak desain tata letak sirkuit terpadu,hak indikasi geografis hak design industri, hak merk serta hak paten.

Hak Kekayaan Intelektual

Demikianlah biaya hak paten produk untuk beragam jenis haki untuk informasi lebih lanjut anda bisa klik link ini. Hak paten bakal berlaku sepanjang 20 tahun namun tidak dapat diperpanjang lagi terkecuali hak merk. Tapi bila yang diajukan hak paten sederhana bisa bakal berlaku 10 tahun. Jadi bila Kamu pikir biayanya cukup mahal itu salah sebab biaya ini sebesar ini cuma harus Kamu keluarkan satu kali saja. Kamu dapat mendaftar hak paten sendiri ataupun dengan melibatkan jasa konsultan kekayaan intelektual tetapi dengan tambahan biaya jasa baca ini juga karena isinya sangat penting.

Mereka bakal bertanggung jawab atas pengurusan haki hingga proses selesai. Supaya permohonan hak paten Kamu dapat diterima maka Kalian musti tahu apa saja persyaratan karya intelektual yang dapat dipatenkan. Kekayaan intelektual yang diajukan harus memenuhi syarat substantif yang dibagi menjadi dua, yakni sifatnya baru, serta inventif. Baru di sini artinya karya belum pernah dikeluarkan di media mana pun, serta oleh siapa pun. Sementara maksud dari inventif ialah kepada orang yang mempunyai keahlian dalam mendesain, serta membuat sesuatu yang baru. Kemudian harus memiliki sifat aplikatif yang berarti hasil penelitian bisa dilakukan dengan berulang ataupun bermanfaat untuk masyarakat. Jadi lekas daftarkan produk Kamu supaya dapat memperoleh hak patennya. Demikianlah pembahasan seputar biaya hak paten produk serta mengenai hak paten lebih lengkap. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Kamu https://www.daftarpatenindonesia.com/tentang-kami

Leave a Reply

Your email address will not be published.