6 Makanan Khas Bengkulu

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negera kepualuan yang terdapat di Dunia, sebab karaktek alamnya Indonesia mempunyai keeksotisan alam yang sangat hebat dan mengesankan. Selain itu semua daerah mempunyai keistimewaan dan keindahan tersendiri. Demikian pula halnya dengan Bengkulu. Bengkulu adalah suatu kota yg berada di pulau Sumatera. Bengkulu mempunyai beragam kebudayaan yang nyaris sama dengan provinsi lainnya yang terdapat di sekelilingnya. Begitu pun soal makanannya yang nyaris dengan yang lainnya, tetapi Bengkulu mempunyai macam kuliner yang lebih unggul sebab banyak masuk budaya-budaya Melayu yang lain ke Bengkulu. Ini merupakan daftar kuliner khas Bengkulu yang ngetop.

  1. Rebung Asam Undak Liling: Rebung Asam Undak Liling merupakan salah satu kuliner yang lumayan unik yakni sebuah kuliner yang dibuat dari rebung ataupun tunas bamboo muda yg mempunyai tekstur yang terbilang lunak. Umumnya rebung diiris tipis-tipis kemudian direndam dengan tujuan untuk memperoleh tekstur rebung yg lembut serta rasa keasaman yang cukup. Selesai di rebus rebung tersebut digulai dan dicampur dengan memakai liling. Liling ialah siput sawah yang mempunyai warna hitam. Belum kelar sampai di situ rebung pun akan dikasih bumbu misalnya bawang, asam, cabe, tomat. Langkah pemasakannya amat biasa yakni memakai air biasa yg dididhkan.
  2. Gulai: Siapa yang tak mengenal dengan kuliner yang satu ini. Gulai merupakan santapan dari Bengkulu yang dibuat dari santan kelapa untuk bumbu kuahnya kemudian ditambah dengan sayuran, udang, ikan, dan lain-lain. Kemudian tuk bumbu kuahnya pada umumnya memakai cabai, kunyit, lengkuas, dan jahe. Juga untuk penambah aroma normalnya ditambah daun salam, daun jeruk, daun serai, dan daun kunyit. Di Bengkulu itupun ada banyak sekali macam gulai ialah gulai tering, gulai timun, gulai rebung mani, gulai ikan palau, rebung ikan, maupun gulai kambas.
  3. Lepek Binti: Lapek Binti adalah suatu makanan ringan yang asalnya dari kota Bengkulu. Kue tersebut mempunyai dua bagian ialah bagian kuilit dan bagian isi. bagian kulit daripada kue ini dibuat dari garam, santan, tepung juga ketan. Lalu diisi menggunakan bahan yang dibuat dari gilingan daging sapi yang telah dimasak dan dicampur menggunakan bumbu-bumbu khsusus misalnya santan, daun salam, dan lengkuas. Dan seluruh isian serta kulit tadi dibungkus dengan daun pisang dan dimasak secara direbus.
  4. Bagar Hiu: Seperti sebutannya kuliner ini dibuat dengan berbahan utama ikan hiu. Ikan yang dipakai untuk kuliner tersebut pada umumnya ialah hiu punai ataupun hiu tanduk. Bumbu yang digunakan untuk memasak kuliner ini ialah bawang putih, bawang merah, daun jeruk, daun salam, kunyit, serta lengkuas. Yang menarik dari kuliner ini ialah tidak adanya santan kelapa meskipun dalam kuliner ini ada bahan kelapanya. Kabarnya dulu sewaktu pengasingan kuliner khas Bengkulu yang satu ini jadi kuliner favorit bagi Ir. Soekarno,
  5. Lema: Lema adalah suatu kuliner yang dibuat dari rebung yang dicincang lalu ditambah dengan ikan air tawar, misalnya ikan sepat, mujair, ikan mas serta ikan-ikan lainya yg tinggal di air tawar. Selesai ikan dan rebung dicampur kemudian diaduk tuk membuatnya adonan. Ketika menjadi adonan kuliner ini dibungkus dengan memakai daun pisang lalu di diamkan kira-kira kurang lebih 3 hari tuk difermentasikan. Setalah itu baru kuliner yang satu ini digoreng dan disajikan dengan nasi sebagai lauk.
  6. Pendap: Jika di daerah Jawa tersedia Botok tentu di Bengkulu ada pendap. Pendap mempunyai bentuk yang serupa dengan botok sebab dibungkus dengan daun.

Disamping dari penampilan dari bahan-bahan pembuatan yang digunakan pun juga hampir mirip yakni kelapa, dan daging yang menjadi pembeda ialah bumbunya. Pendap mempunyai rasa yang sedikit asam dan mempunyai cita rasa yang kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.